Sabtu, 16 Juni 2012

MT.PANDAN,PT.PERTAMINA PERKAPALN



PERAN LATIHAN KEADAAN DARURAT MENINGGALKAN KAPAL

 MT. PANDAN

PT. PERTAMINA ( PERSERO )

DIREKTORAT PEMASARAN DAN NIAGA - PERKAPALAN 

 



Isyarat / pemberitahuan : Bell Alarm dan suling 7x pendek dan 1x panjang, terus menerus diikuti pengumuman meninggalkan kapal

Pusat komando / anjungan ( Nakhoda dan mualim jaga ) :

  1.  Kirimkan distress call dan massage sesuai radio regulation
  2. Jika harus meninggalkan kapal sebelum lokasinya diketahui kapal lain operasi terus distress
  3. Jika kapal masih dapat olah gerak dan cuaca kurang baik diusahakan untuk melindungi penurunan sekoci
  4. Operasikan EPIRB dan turunkan semua liferaft dan fungsinya.

sekoci penolong no.2 ( kiri )

Mualim 1       : 
                          Komandan sekoci penolong
Mualim III     : 
                          Absensi awak sekoci, bawa radar transponder dan two way communication, 
                          Membawa EPIRB dan dokumen kapal
KKM             :
                          Siapkan Mesin Sekoci
Masinis III    : 
                         Bantu KKM siapkan mesin sekoci
Juru Mudi C  : 
                         Lepas crandle stopper depan dan belakang, buka lashing buritan, memegang 
                         kemudi
Mandor          : 
                        Lepaskan stopper dan rapatkan sekoci ke deck Embarkasi dengan menarik 
                          boesing line buritan
Juru mesin B : 
                        Lepas vertical lashing line dan membuka slip book, menutup scupper plug
Juru Mudi  A : 
                        Buka relling, Embarkasi dan area tangga embarkasi
Pelayan          : 
                        Buka lashing haluan dan kemudian siapkan untuk ikat painter line depan


sekoci penolong no.1 ( kanan )

Nakhoda      :
                        Komandan sekoci penolong
Mualim II    : 
                        Absensi awak sekoci, bawa radar transponder dan two way communication
Koki             :
                        Asisten mualim II membawa selimut serta kotak P3k.
Masinis 1     : 
                        Siapkan mesin sekoci
masinis II     : 
                        Membantu masinis I, siapkan mesin dan area sekoci
Serang dan Kelasi :
                        Buka lashing haluan dan ikat painter haluan le relling deck sekoci dan buka
                         relling sekoci
Juru Mudi B : 
                         Lepas crandle stopper depan dan belakang dan area tangga embarkasi,memegang
                         kemudi
Juru Mesin A dan Juru Mesin C : lepas vertical lashing line dengan membuka slip hook, Buka
                                                        lashing buritan dan bantu serang buka relling sekoci,
                                                        Menutup scupper plug




1 komentar: